Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Belajar Bahasa Jepang


Langkah Belajar Bahasa Jepang

Untuk kalian yang sedang ingin belajar bahasa Jepang sendiri, ini adalah artikel yang kalian cari. Pada postingan saya kali ini saya akan membahas bagaimana langkah belajar bahasa Jepang yang bisa kalian terapkan sampai kalian bisa paham tentang bahasa Jepang.


Langsung saja untuk belajar bahasa Jepang ini adalah langkah-langkah yang harus kita tempuh :

1. Belajar Hiragana dan Katakana

2. Belajar Kotoba

3. Belajar Kata Sifat i dan na

4. Belajar Perubahan Kata Kerja

5. Belajar Partikel

6. Belajar Kata Keterangan

7. Belajar Bunpou

8. Belajar Menyusun Kalimat

9. Belajar Menerjemahkan Kalimat

10. Belajar Membaca Kanji


Saya sendiri memiliki groub Telegram untuk kalian yang mau bergabung bisa join pada link berikut. Di groub telegram saat ini sedang mengejar materi sampe N4. Dengan target bisa lulus N4 pada bulan 7 tahun 2024.


Lanjut kita bahas tentang 10 langkah belajar bahasa jepang di atas.


1. Belajar Hiragana dan Katakana

Untuk belajar hiragana dan katakana ini kita harus belajar menulis dan membaca. Tulislah sebanyak-banyaknya huruf hiragana dan katakana supaya cepat ingat dan hafal. untuk mudahnya bisa klik disini.


2. Belajar Kotoba

Setelah belajar hiragana dan katakana dengan catatan sudah mahir menulis dan membaca huruf hiragana dan katakana, selajutnya kita bisa mulai belajar mengenal kotoba-kotoba.

Mulai dari kata kerja, kata benda, kata sifat dan kata keterangan. Saya telah merangkum kotoba N4 untuk bisa mudah kalian hafal disini.


3. Belajar Kata Sifat (i/い) dan (na/な)

Kata sifat i dan na adalah bagian dari kotoba juga, namun memiliki kegunaan yang berbeda. Kata sifat memiliki kegunaan untuk menjelaskan sifat dari suatu kalimat, seperti panas/dingin.


4. Belajar Kata Keterangan

Selanjutnya kata keterangan, seperti imbuhan kalimat (segera datang), (tak begitu mahal), dan lain sebagainya.


5. Belajar Partikel

Kemudian kita bisa lanjut untuk belajar partikel. Kata para senior ini adalah yang paling susah dipelajari. Tapi kenyataannya tidak begitu kalau sudah terbiasa.


6. Belajar Perubahan Kata Kerja

Perubahan kata kerja adalah perubahan untuk menjelaskan suatu kata kerja. ini yang menurut saya cukup membingungkan kalau diucapkan oleh orang Jepang. Karena dari satu kata kerja bisa diubah penyebutannya untuk menyampaikan maksud yang berbeda.


7. Belajar Bunpou

Belajar bunpou bisa juga diartikan belajar rumus menyusun kalimat. Kita belajar menggunakan pola kalimat. Karena dalam bahasa Jepang mempunyai sususan kalimat sendiri, jadi kita harus hapal penggunaan bunpou.


8. Belajar Menyusun Kalimat

Setelah melampaui poin-poin sebelumnya, sekarang kita bisa mulai belajar menyusun kalimat. Mulai dari penggunaan kata kerja, partikel, kata sifat, bunpou dan belajar tentang anak kalimat pada poin 8 ini.


9. Belajar Menerjemahkan Kalimat

Kemudian kita bisa coba untuk baca-baca artikel dalam bahasa jepang. Mulailah menerjemahkan bacaan formal. Karena bahasa formal dalam bahasa Jepang lebih mudah dipahami.


10. Belajar Membaca Kanji

Karena target kita adalah lulus JLPT N4 kita harus hapal juga dari huruf-huruf kanji N4.


Saya rasa setelah menyelesaikan 10 langkah di atas yang telah kita bahas tadi. Kita bisa coba untuk mengerjakan soal-soal simulasi N4 untuk mengetahui seberapa kemampuan kita.


Arigatou Gozaimasu.

Posting Komentar untuk "Langkah Belajar Bahasa Jepang"