Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata dan Masakan di Prefektur Fukui

Ada satu tempat di Jepang yang sayang sekali jika dilewatkan saat tengah liburan ke sana. Nama tempatnya Fukui, suatu prefektur yang berlokasi di wilayah Chubu. Letaknya di semenanjung laut Jepang agar tidak heran jika pemandangan lautnya begitu indah. Tak hanya itu, tempat ini sangat cocok bagi yang suka sejarah dan kebudayaan. Maka dari itu, kamu bisa berkunjung ke wisata di Prefektur Fukui.

Prefektur Fukui


Belum banyak wisatawan asing yang mengetahui kelebihan Fukui. Rata-Rata dari mereka yang ke sana bukan untuk berlibur, melainkan urusan kerja atau kuliah. Oleh karena itu, kondisi alamnya masih terasa asri. Letaknya yang dekat dengan laut Jepang membuat daerah ini menghasilkan ikan laut yang segar. Selain itu, wilayah ini terkenal sebagai kota dengan penghasil beras. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang wisata di Prefektur Fukui dab juga terdapat masakan khas yang ada disana.

Wisata Mikata-Goko

Keunikan alam Fukui bisa disaksikan melalui wisata Lima Danau Mikata atau “Mikata-Goto”. Kelima danau yang dimaksud  adalah Mikatako, Seigetsuko, Sugako, Kugushiko, dan Hirogako. Danau-Danau itu terletak di suatu lembah yang merupakan bagian dari Taman Nasional Quasi - Teluk Wakasa.

Pemandangan di sana sangat luar biasa karena permukaan danau memancarkan warna-warna cantik dan misterius. Sepanjang tahun air danau akan berubah menyesuaikan empat musim yang  silih berganti. Oleh karena itu, wisatawan bisa mengunjungi danau-danau ini dinamakan “Danau Lima Warna”.

Selain itu, keunikan lainnya adalah setiap danau punya style air dan kedalaman yang berbeda-beda. Ada yang  bertipe air tawar, payau, ataupun garam. Misalnya, danau Kugushiko yang bersinggungan langsung dengan laut Jepang atau danau Seigetsuko yang berada di tengah-tengah.

Ada suatu jalan tol bernama “Rainbow Line”. Jika melewati jalan ini, seseorang dapat menyaksikan estetika kelima danau secara 360 derajat sekaligus pemandangan pantai Wakasa. Puncaknya adalah Summit Park di mana titik teratas untuk melihat danau-danau  Mikata secara sempurna.

Masakan Khas Lokal Fukui

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu tempat tanpa mencicipi makanan khas di sana. Ada beberapa makanan lokal yang harus dicoba. Kesibukan kulineran ini bisa  dilakukan sambil mengunjungi spot-spot di Fukui. Sebelum membahas daerah apa saja yang harus dikunjungi, simak dulu daftar masakan lokalnya:

1. Kepiting Echizen

Kepiting ini dikenal sebagai “Raja kepiting” karena ukurannya yang luar biasa besar. Tak hanya itu, rasanya pun sangat dinikmati sehingga tidak ada yang bisa menandingi kelezatan dagingnya. Dulu, kepiting echizen biasa dihidangkan untuk  keluarga kekaisaran Jepang, khususnya di peristiwa tahun baru.

2. Echizen Soba

Iklim yang kala di Fukui membuat orang-orang di sana banyak yang menanam sorgum. Saat panen, mereka menghasilkan sorgum terbaik agar saat dijadikan mi soba pun kualitasnya nomor satu. Cobalah memesan mi soba echizen. Rasanya nikmat dengan parutan lobak dan juga campuran kaldu kecap dan dashi.

3. Fukui Umeboshi

Umeboshi merupakan buah plum asam. Buah ini diawetkan didalam garam ditambah shiso (Basil ala Jepang). Saat dimakan  rasanya kombinasi asam, asin, dan manis. Meski terdengar aneh, makanan ini kaya akan takaran mineral. Supaya lebih nikmat, makan umeboshi bersama dengan dengan nasi putih.

4. Ama Udang kering

Selain penghasil ikan dan kepiting yang besar, udang pun banyak ditemukan di sini. Ama udang kering adalah  udang manis yang ditangkap dari perairan lepas pantai Fukui. Rasanya berbeda dengan daging udang pada umumnya. Ama udang kering punya rasa manis yang khas. Paling enak dimakan saat mentah dan  disajikan didalam bentuk sashimi atau sushi.

Nah, ituah beberapa ulasan yang membahas tentang prefektur Fukui dengan ulasan diatas semoga bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai acuan ketika berkunjung ke Jepang.

Posting Komentar untuk "Wisata dan Masakan di Prefektur Fukui"