Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Situs Bersejarah di Prefektur Gifu yang Patut Dikunjungi

 Dari dulu, Perfektur Gifu merupakan wilayah yang dianugrahi hasil pertanian yang baik, berkat aliran air yang banyak dari Sungai Kiso. Dan pada artikel ini, kita akan memperkenalkan beberapa situs bersejarah di sekitar Gifu yang patut Kamu kunjungi.

Perfektur Gifu


Situs Bersejarah di Prefektur Gifu yang Patut Dikunjungi

1. Shirakawa-Go

Shirakawa-Go adalah situs kolektif dari desa-desa bersejarah, yang terdaftar sebagai Warisan dunia UNESCO pada tahun 1995. Saat musim dingin, tempat ini akan ditutupi salju tebal, sehingga atap-atap rumah bergaya tradisional Gassho dibuat curam, untuk menghalau salju menumpuk.

Masyarakat setempat masih tinggal di situs bersejarah yang tampak sangat indah, seperti di dalam negeri dongeng. Sebagian tempat di antaranya juga masih dilestarikan sebagai tempat wisata yang terbuka untuk umum.

2. Kastil Gifu

Terletak di atas gunung, Kastil Gifu yang pada awalnya diberi nama Kastil Inabayama, kemudian dikenal sebagai benteng yang tidak pernah ditembus. Namanya diganti jadi Kastil Gifu oleh Oda Nobunaga, yang memerintah daerah itu pada masa perang saudara.

Nobunaga berharap bisa memerintah seluruh negeri dan berniat memakai kastil ini, sebagai pusat pemerintahannya. Seiirng berjalannya waktu, kastil pun jadi usang, namun menara bagian pusat sudah dipulihkan dan direnovasi pada tahun 1956.

3. Kota Sejarah Sekigahara & Museum Folklore

Perang saudara di Jepang dimulai sekitar tahun 1467, dan berakhir dengan pertempuran di Sekigahara pada tahunan 1600. Ieyasu Tokugawa memenangkan pertempuran terakhir, dan memerintah sebagai Shogun pertama yang mengawali zaman Edo, kemudian berjalan selama kurang lebih  265 th. Ada museum di medan pertempuran Sekigahara, yang menampilkan citra dari moment bersejarah ini.

4. Patahan Neodani

Pada tahun 1891, tempat ini dilanda gempa besar dengan skala 8,0. Neodani adalah pusat  dari gempa bumi itu. Hasil patahan akibat gempa bumi ditetapkan sebagai monumen alam khusus, yang digunakan sebagai sumber akademik geologi yang berharga dan terbuka untuk umum.

5. Kastil Sunomata

Legenda mengatakan bahwa selama perang saudara, Hideyoshi Toyotomi membangun Kastil Sunomata dalam semalam di bawah instruksi tuannya, Oda Nobunaga. Dan saat ini, menara kastil sudah direkonstruksi sebagai museum yang menampilkan file bersejarah Hideyoshi.

6. Taman Yoro

Rumor adanya 'Air Peremajaan' di taman yang dikunjungi oleh kaisar pada 717 Masehi, itu benar adanya. Taman Yoro ini sudah jadi taman serba guna dengan tempat-tempat menarik, seperti air terjun, kuil, dan pameran seni modern.

7. Kastil Ogaki

Kastil Ogaki merupakan benteng khusus bagi pasukan barat selama Pertempuran Sekigahara. Menara utamanya sudah hilang, karena agresi udara dalam Perang Dunia, namun dibangun lagi pada tahun 1959. Saat ini, kastil digunakan sebagai museum sejarah local, yang menampilkan beragam senjata pada masa itu.

8. Kastil Gujo Yawata

Gujo Yawata adalah kastil kecil yang tidak pernah diakui sebagai salah satu kastil penting di dalam sejarah. Akan tetapi, keindahannya berhasil menarik orang-orang dari generasi ke generasi, termasuk penulis ternama Jepang, Ryotaro Shiba. Semua konstruksi dinding batu sudah dihancurkan pada tahun 1870, namun kayu menara primer dibangun lagi pada tahun 1933.

9. Kuil Kokeizan Eihoji

Didirkan pada tahun 1313, Kokeizan Eihoji adalah kuil Buddha di Tajimi. Terdapat dua bangunan yang ditetapkan sebagai kekayaan nasional Jepang, yaitu Kanon yang dibangun tahun 1314 dan Kaisan di tahun 1352. Tenpat ini jadi taman tradisional Jepang yang menakjubkan dengan pemandangan indah di sekitarnya.

Dan itulah beberapa tempat bersejarah di prefektur Gifu. Dari penjelasan di atas, tempat manakah yang jadi andalan dan tujuan destinasimu? Tulis di kolom komentar,ya!

Posting Komentar untuk "Situs Bersejarah di Prefektur Gifu yang Patut Dikunjungi"