Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGALAMAN UJIAN BAHASA JEPANG LEVEL N4 DAN CARA BIAR PERCAYA DIRI UNTUKLULUS

 

Pada postingan kali ini saya akan berbagi pengalaman saya tentang bagaimana saya bisa lulus N4. Menurut saya bisa lulus Nattes ujian N4 itu tak semata-mata hanya kita peroleh dari belajar saja, ada beberapa aspek penting yang tidak boleh kita lewatkan. ini tidak hanya untuk ujian Nattes N4 saja ya, tapi juga untuk ujian-ujian tingkat lainnya, seperti jenjang yang lebih seperti N3 ataupun N2 dan N1. Mulai dari restu orang tua dan para sensei kita serta bagaimana usaha belajar dan pemahan kita tentang bahasa Jepang itu sendiri harus kita evaluasi dan kita tingkatkan.

Sebelumnya pada bulan Oktober saya telah mengikuti ujian N4, tapi tuhan memberi saya kesempatan untuk bisa mendapat nilai lebih dan lebih matang untuk memahami materi N4. Jadi saya harus bersyukur atas kegagalan saya. Kenapa begitu? Karena jika saya hanya lulus dengan nilai pas-pasan dan keberuntungan, untuk bisa melanjutkan ke jenjang level N3 saya akan kesusahan, karena pondasi N4 saya yang kurang. Dan syukur untuk ujian dibulan Desember ini saya bisa mengikuti ujian N4 lagi dan dengan persiapan serta pemahaman materi level N4 yang cukup Alhamdulillah saya dinyatakan lulus.

Dari kegagalan saya yang tidak lulus pada bulan Oktober lalu saya mencoba untuk mencari cara bagaimana saya harus menguasai dan percaya diri bisa lulus ujian N4 bahkan bisa lulus dijenjang ujian N3 dan N2. Untuk itu saya menemukan cara ini :
SUKAI APA YANG KITA PELAJARI
Sebelumnya saya belajar hanya sesuai sebentar saja. Kenapa hanya belajar sebentar? Saya rasa karena belum tahu caranya menikmati apa yang saya pelajari. Jadi setiap belajar ketika ditambah materi yang lain seolah-olah materi yang lama tadi tersingkirkan. Maka dari itu saya setiap hari harus mengulang pelajaran yang telah saya pelajari selanjutnya. Untuk apa? Agar tidak lupa begitu saja setelah diajarkan oleh sensei tanchi. Karena belajar bahasa menurut saya itu bisa karena terbiasa. Jadi kalau saya terbiasa mereview pelajaran Bahasa Jepang maka saya akan bisa Bisa Bahasa Jepang.
TERBIASA DENGAN BAHASA JEPANG
Untuk melatih pelafalan dan pendengaran kita dalah percakapan bahasa Jepang kita juga harus terbiasa mendengar dan melafalkan bahasa Jepang itu sendiri. Karena diujian bahasa Jepang juga ada soal Listening(Chokai). Maka dari itu saya rasa kalau sering mendengarkan kotoba-kotoba atau percakapan bahasa Jepang pasti akan mudah dan percaya diri saat mengerjakan soal ujian bahasa Jepang. Cobalah banyak-banyak mendengar lagu bahasa Jepang atau menonton film-film Jepang agar terbiasa pendengaran kita.
CARI TAHU JENIS SOAL YANG DIUJIKAN
Soal ujian bahasa Jepang ada banyak jenis dan tingkatannya, jadi kita sendiri harus paham apa yang nantinya diujikan diujian yang akan kita tempuh. Jangan sampai salah belajar, seperti halnya mau ujian Nattes malah belajar materi JFT, sebenarnya sama untuk materi tapi untuk urutan soal yang keluar akan beda. Jadi kalau ingin mengikuti ujian Nattes ya pahami jenis soal Nattes.
Kemudian kuatkan pondasi terlebih dahulu. Maksudnya benar-benar paham dulu materi level sebelumnya dan tentunya materi yang akan diujikan. Sebagai contoh jika mau mengikuti ujian level N4, pahami dulu materi level N5 kemudian kuasai juga materi N4 mulai dari kotoba ataupun ataupun pola kalimatnya.
Carilah soal-soal ujian bahasa Jepang di Google ataupun bisa melihat-lihat di Youtube, saya rasa cukup banyak contoh-contoh soal yang ada di internet. Karena jenis soal yang akan di ujikan juga tidak jauh berbeda dari ujian-ujian yang diadakan sebelumnya. Pola soalnya juga itu-itu saja. Jadi banyak-banyaklah mengerjakan contoh soal ujian sesuai level yang akan kita tempuh ya.

Sekarang saya telah lulus ujian bahasa Jepang level N4 dan saya akan belajar bahasa Jepang level N3. Ayo kita belajar bersama, saya akan sering-sering berbagi pengalaman saya tentang belajar bahasa Jepang disini. Arigatou Gozaimasu.

Posting Komentar untuk "PENGALAMAN UJIAN BAHASA JEPANG LEVEL N4 DAN CARA BIAR PERCAYA DIRI UNTUKLULUS"