Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara dan etika menggunakan Sumpit- How to use Chopsticks

Cara menggunakan sumpit menurut sebagian orang cukup sulit karena belum terbiasa, orang yang sudah terbiasa menggunakan sumpit dari kecil bukan lagi jadi problem terkait dengan penggunaan sumpit, tapi bagi sebagian orang yang tidak terbiasa ini adalah suatu masalah yang harus dicari jalan keluarnya. Jalan keluar dari problem ini adalah belajar menggunakan sumpit dengan benar kemudian membiasakan diri untuk menggunakan sumpit dikesehariannya hingga menjadi terbisa

APA ITU SUMPIT?
Sumpit adalah alat makan yang berasal dari Asia Timur, sumpit sudah menjadi alat wajib bagi negara Jepang, Korea, Tiongkok, dll. Sumpit dulunya terbuat dari dua batang kayu yang sama ukurannya, namun saat ini sudah ada sumpit yang terbuat dari bahan plastik dan stainless. Fungsi sumpit yaitu untuk memindahkan makanan dari piring ke piring ataupun dari piring ke mulut saat makan.

Cara menggunakan sumpit bisa kita lihat diatas ya, kali ini saya akan membahas etika penggunaan sumpit yang baik. Ada beberapa etika dalam penggunaan sumpit karena kalau sampai salah pakai kita akan dianggap tidak sopan.

1. Jangan gunakan sumpit untuk menusuk makanan, karena menggunakan sumpit untuk menusuk makanan dianggap tidak menghargai makanan tersebut.

2. Jangan menunjuk seseorang dengan menggunakan sumpit. Menunjuk orang dengan menggunakan sumpit entah itu sengaja ataupun tidak sengaja karena reflek itu juga akan dianggap tidak sopan.

3. Mengaduk sup atau makanan dengan sumpit ini juga dianggap tidak sopan karena dapat merusak penampilan makanan tersebut.

4. Mengoper makanan dari sumpit orang ke satu ke sumpit orang yang lain atau utsushi-bashi merupakan pantangan penggunaan sumpit saat makan. Sebab itu hanya dilakukan di pemakaman saat memindahkan tulang-belulang orang yang telah meninggal.

5. Menancapkan sumpit dengan tegak ditengah mangkuk atau piring makanan ini juga termasuk pantangan penggunaan sumpit saat makan. Karena menancapkan sumpit tegak berdiri ditengah mangkuk makanan merupakan ritual pemakaman di Jepang. Apabila ini dilakukan dianggap dapat mengundang malapetaka.

itulah etika yang harus diperhatikan saat menggunakan sumpit sebagai alat untuk makan. Karena selain belajar menggunakan sumpit kita juga harus belajar etika atau tata krama dalam menggunakan sumpit.




Posting Komentar untuk "Cara dan etika menggunakan Sumpit- How to use Chopsticks"